Stop Formula Bahaya!

Posted: January 21, 2011 in Tips Otomotif

Secara tidak sadar, ada beberapa perlakukan terhadap mobil yang bisa memicu kerusakan lingkungan akibat memilih produk perawatan mobil yang tidak ramah lingkungan. Beberapa formula seperti silikon, oil base,  dan beberapa jenis bahan lainnya, merupakan formula yang masuk dalam kategori tidak ramah lingkungan.

Penyebabnya karena bahan dasar tersebut tidak mudahnya terurai sehingga bisa menimbulkan efek samping dalam waktu cukup lama, bahkan penyakit kronis seperti kanker.

Tak perlu repot mencari produk yang ramah lingkungan karena produsen perawatan mobil pun sudah mulai peduli dengan masalah ini. Seperti Autoglym dan 3M yang sudah tidak lagi menggunakan silikon dan oil base  hampir selama satu dekade.

Kedua produsen ini mengganti kedua formula tersebut dengan kandungan ramah lingkungan serta tidak membahayakan konsumennya seperti water based.

Dampak penggunaan silicon  maupun oil based  memang tidak dirasakan secara langsung. Kerusakan yang terjadi akibat penggunaannya pun tidak terlihat secara kasat mata.

Namun efeknya akan terlihat dalam beberapa tahun mendatang, dan sebenarnya sudah mulai bisa dirasakan saat semakin panasnya suhu bumi akibat efek global warming.

Kandungan perawatan mobil yang menggunakan bahan silikon sering ditemukan pada wax,  pengilap ban, dan kompon. Silikon merupakan senyawa molekul yang paling stabil. Tapi justru sifatnya yang tak mudah terurai di udara inilah yang menyebabkan silikon termasuk bahan yang tidak ramah lingkungan.

Silikon terdapat pula pada compound  dan polishing.  Material berbentuk pasta ini menggunakan bahan dasar silikon yaitu crystalline silica.  Debu yang berasal dari compound  berbahan crystalline silica  apabila masuk dalam jaringan pori-pori kulit berpotensi memicu timbulnya kanker.

Lalu bagaimana cara memilih produk car care  yang ramah lingkungan?  Pilih produk yang tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan terhadap pengguna dan lingkungan, mengandung kandungan yang dapat terurai ketika dilepaskan ke lingkungan, dan tidak mengeluarkan zat berbahaya.

Dengan begitu, kita dipatut untuk lebih teliti dalam memilih produk car care.  Pilihlah produk yang menggunakan material water based,  tidak mengandung solvent  (pelarut), non-silikon, memiliki pH balans sehingga tidak merusak lingkungan, dan memiliki kandungan VOC (Volatile Organic Compound) rendah.

Sampo dan obat jamur kaca
Selain silikon dan oil based,  ada pula bahan lain yang patut diwaspadai, seperti deterjen dan hydrofluoride  (HF). Deterjen biasa terdapat pada sampo mobil yang tak jelas produsennya.

Efek yang ditimbulkan deterjen adalah cat mobil yang menjadi kusam dan menimbulkan flek. Deterjen pun tidak ramah lingkungan karena tidak mudah terurai.

Sementara HF terdapat pada obat penghilang jamur kaca. Salah dalam mengaplikasikannya berefek menimbulkan baret pada kaca. Aroma yang dikeluarkan HF juga sangat menyengat dan bisa mengganggu pernafasan.

 

Sumber :

http://www.autobildindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s