Enyahkan Serbuan Serangga

Posted: January 21, 2011 in Tips Otomotif

Kehadiran serangga di kabin kendaraan bisa sangat mengganggu. Selain memecah konsentrasi, munculnya serangga ini bisa menjadi indikator kebersihan kabin mobil Anda.

Menjadi pertanyaan besar dari mana asal serangga yang terlihat di kabin mobil ini? Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir Anda melakukan pembersihan interior, atau pernahkah Anda menumpahkan minuman, meninggalkan sisa makanan.

Pemicu kehadiran serangga seperti semut dan kecoa tersebut adalah kurangnya penjagaan kebersihan dan tidak rutin melakukan ritual pembersihan kabin.

Karena itu, untuk mencegah serbuan serangga yang bersemayam di kabin, Anda sebaiknya menjadikan ritual membersihkan interior sebagai kegiatan rutin.

Permasalahan yang timbul semakin kritis karena semut dan kecoa bisa bersarang di seluruh bagian kabin, termasuk di bagian yang tak terjangkau alat pembersih biasa. Ada beberapa kasus yang menunjukkan semut bisa bersemayam dan bersarang di balik door trim.  Lebih parah lagi karena kehadiran mereka itu bisa merusak sistem power window  mobil.

Apabila sudah separah itu, mau tak mau kendaraan harus diboyong ke salon mobil dan melakukan operasi besar padahal anggarannya terbilang lumayan. Tidak ada salahnya kan mengambil langkah preventif, seperti pepatah ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’.

Alat dan bahan
•    Cairan pembersih (multiwash)
•    Parfum
•    Lap
•    Kuas dan sikat
•    Vacuum cleaner

Langkah-langkah pengerjaan:
1. Periksalah lantai mobil terutama di balik karpet. Lantaran pemicu munculnya serbuan serangga tersebut bisa tumpahan minuman atau makanan. Maka segera ambil langkah pembersihan.

2. Ambil vacuum cleaner dan bersihkan dari sisa kotoran.

3. Bila memang terdapat tumpahan makanan atau minuman, bersihkan dahulu dengan lap. Setalah itu semprotkan cairan pembersih ke bagian yang kotor. Diamkan sesaat hingga meresap dan bekerja optimal.

4. Agar lebih merata gunakan sikat pada bagian yang kotor tadi.

5. Gunakan lap agar cairan tersebut bisa terserap. Lakukan dengan seksama sampai lantai mobil benar-benar kering.

6. Bila memang terindikasi terdapat sarang semut atau kecoa yang mengganggu, lakukan cara yang sama dari awal. Tetapi sarang serangga mula-mula disemprotkan cairan pembersih, baru kemudian dibersihkan dengan penyedot debu. Setelah itu baru lakukan langkah nomor 3 dan seterusnya.

7. Ada kemungkinan sarang serangga berada di balik dasbor. Tapi sebelum merepotkan diri bongkar dasbor, cobalah cara berikut: stop suplai makanan bagi mereka dengan membersihkan remah-remah dan tumpahan makanan serta minuman. Jaga kabin tetap kering dan bersih. Tanpa kelembaban dan makanan, dalam satu minggu serangga-serangga ini akan mati.

Perhatian! Penyebab lain serangga bersarang
• Terjadi kebocoran di dek mobil. Bisa akibat hilangnya karet penutup air di dek atau karat yang cukup parah. Periksalah dek di bagian bawah mobil Anda, bila terindikasi ada karet penutup dek yang sudah getas segera ganti yang baru. Terlebih lagi ketika musim hujan sudah menjelang tiba.

• Cermati lubang pembuangan air AC di mobil Anda. Embun hasil kondensasi yang menetes ke kolong mobil ini menyebabkan kondisi lembab di sekitarnya, apalagi jika terjadi kebocoran. Dengan terjangan suhu panas, kelembaban dengan suhu ideal bagi serangga ini bisa mengundang kehadiran mereka untuk bersarang.

Tahukah Anda?
– Fosil kecoa tertua yang pernah ditemukan, berusia 354 juta tahun
– Serangga satu ini bisa mengakibatkan penyebaran asma, salmonella, hepatitis dan juga disentri

 

Sumber :

http://www.autobildindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s