Agar Fitur Elektrik Selalu Prima

Posted: January 21, 2011 in Tips Otomotif

Perkembangan sistem kelistrikan di mobil telah maju pesat. Nah, meski beberapa sistem fitur ini tidak terlalu rumit, namun perannya begitu penting untuk memberikan kenyamanan bagi sang pemilik mobil. Seperti electric window, central door lock, remote  kunci dan jok elektrik. Jika fitur-fitur ini tidak mampu bekerja optimal, kenyamanan berkendara pun akan terganggu.

Bagaimana cara merawatnya agar perangkat ini selalu primadan bebas masalah?

Electric window
Kerap disebut power window,  peranti ini berfungsi untuk membuka kaca jendela secara elektrik. Dengan bantuan sebuah motor listrik dan saklar (switch), maka fungsi buka tutup kaca semakin mudah. Terutama ketika pengemudi hendak membayar uang tol atau parkir.

Fitur auto  pun menjadi perkembangan berikutnya. Jadi, Anda tak perlu menahan switch  sampai kaca tertutup sempurna. Namun hal ini perlu dilengkapi dengan fitur keselamatan, agar tidak mencederai anak kecil.

Bila jalur kaca terhambat, maka kinerja motor penggerak akan semakin berat. Penyebabnya antara lain karet kaca yang telah getas atau dihinggapi kotoran. Jika kondisi ini dibiarkan, maka kebutuhan terhadap arus listrik akan semakin besar sehingga memungkinkan usia electric window  semakin singkat.

Kerusakan roda gigi yang umumnya terbuat dari material plastik, kerap rusak akibat hambatan pada jalur di karet kaca. Untuk itu, lis karet penutup patut menjadi perhatian agar air dan kotoran debu, tak masuk ke dalam pintu.

Untuk itu, perawatan berkala perlu dilakukan untuk membersihkan rel pada jalur karet kaca. Selain itu, lis karet penutup pun perlu diperhatikan dan diganti bila telah getas atau robek. Tak ada salahnya, debu yang kerap menempel pada lis tersebut turut dibersihkan agar tidak membuat baret pada kaca kendaraan.

Central door lock
Perannya untuk mengunci seluruh pintu kendaraan dari satu saklar atau titik, merupakan fungsi dari central door lock.  Peran ini kian penting saat Anda memiliki anak kecil yang ditempatkan di bangku belakang. Dengan fitur ini, pintu dapat langsung dikunci dari posisi pengemudi dengan mudah.

Bila salah satu motor penggerak dari central door lock  tidak bekerja, maka pintu tersebut tidak dapat terkunci secara otomatis. Untuk itu, perlu dilakukan penguncian secara manual. Hal ini jelas menjengkelkan, ketika Anda hendak meninggalkan mobil di parkiran.

Jika hal itu yang terjadi, maka door trim  perlu dibuka untuk memeriksa kerusakan yang terjadi. Opsi termudah adalah dengan memeriksa sambungan kabel listrik dan mekanikal dari fitur ini. Kecuali bila seluruh motor penggerak tidak berfungsi, menandakan suplai listrik terputus dan sekering menjadi target pemeriksaan awal.

Untuk memeriksa motor penggerak central door lock  masih bekerja, Anda dapat menghubungkan langsung ketiga kabel pada motor dengan kutub-kutub di aki. Bila terjadi gerakan, menandakan motor masih bekerja.

Remote kunci
Pengembangan dari central door lock  adalah remote  kunci. Dengan remote control  ini, seluruh pintu dapat dikunci dari jarak radius sekitar 3 meter dari mobil. Alhasil, peran anak kunci pun menjadi begitu minimal atau hanya digunakan ketika remote tidak bekerja.

Umumnya, fitur ini memiliki kelemahan pada jaringan frekuensi tertentu. Bila kendaraan berada dekat menara pemancar, kadang remote menjadi sulit bekerja. Selain itu, melemahnya baterai di remote, juga menjadi kendala kedua.

Bila hal ini yang terjadi, Anda dapat mendekatkan remote  ke bagian dasbor pengemudi. Sebab umumnya receiver remote berada di bawah dasbor pengemudi.

Selain sebagai remote  kunci, fungsi alarm kerap disematkan dalam fitur ini. Bila mobil anda disematkan oleh alarm aftermarket,  pastikan sambungan antar kabel menempel sempurna. Pasalnya, alarm sering berbunyi sendiri akibat bersinggungan dengan bodi mobil atau sambungan yang tidak menempel sempurna.

Jok elektrik
Di beberapa mobil, peranti ini telah menjadi kelengkapan standar. Baik untuk mengatur maju mundur bangku, juga ketegakan sandaran. Semua ini digerakan oleh motor penggerak atau dinamo.

Seperti electric window,  peran roda gigi menjadi penting. Debu yang melekat, terutama di kolong jok dapat menyebabkan kerja motor penggerak menjadi lebih berat.

Bersihkan secara berkala rel penggerak setiap sebulan sekali. Dan Anda dapat meminimalkan debu yang masuk dengan membatasi bukaan tutup pintu dan kaca.

Spion elektrik
Pengaturan posisi kaca spion, kini dapat diatur dengan mudah oleh pengemudi dengan fitur spion elektrik. Meski peranti ini jarang sekali rusak, namun tak ada salahnya untuk selalu menjaga kebersihan dari motor spion. Pastikan air tak terperangkap di dalam usai mencuci mobil. Lumasi dengan grease  semprot agar pelumasan gerakan motor tetap terjaga.

 

Sumber :

http://www.autobildindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s